Hari Ini Pemilu Presiden Mesir Dimulai



jalanpanjang.web.id - Pemilihan presiden Mesir dimulai hari ini, Rabu (23/5) dan bakal menjadi yang pertama, pasca revolusi "25 Januari" tahun lalu yang menggulingkan pemerintahan Hosni Mubarak selama tiga dekade.

sekitar lima puluh juta pemilih yang tersebar di dua puluh tujuh propinsi di seantero Mesir akan mendatangi kotak suara guna pemilih calon presiden mereka periode 2012-2017. Mereka akan memilih salah satu kandidat terbaik dari tiga belas kandidat yang turut serta berkompetisi. Pemilu akan diselenggarakan 2 hari, 23 dan 24 Mei 2012, namun jika tidak ada kandidat yang menang lebih dari 50 persen suara, maka akan digelar pemilu putaran kedua pada 16-17 Juni mendatang.

Inilah peristiwa pertama sepanjang sejarah Mesir pasca gerakan Revolusi 25 Januari 2011, warga Mesir bebas menentukan pilihannya. Di antara ketiga belas kandidat itu adalah;

1. Abu Al-Ezz Al-Hariri, calon dari Partai Aliansi Rakyat Sosialis, simbol: piramida.‬

‪2. Mohammed Abdel Fattah Fawzi Issa, calon dari Partai Generasi Demokratik, simbol: kamera video.‬

‪3. Ahmed Hossam Kamal Hamid Khairallah, calon Partai Damai Demokratik, simbol: mobil.‬

‪4. Amru Moussa, calon yang didukung oleh 44.000 pemilih, simbol: matahari.‬

‪5. Abdel Mon’im Abul Futuh, didukung oleh 43.000 pemilih, simbol: kuda.‬

‪6. Hesyam Mohamed Osman Bastawisi, calon dari Partai Persatuan, simbol: jam tangan.‬

‪7. Mahmoud Hossam El-Din Mahmoud Galal, calon yang didukung oleh 37.000 pemilih, simbol: bintang.‬

‪8. Mohamed Salim Al-Awwa, calon yang didukung oleh 30 anggota DPR, simbol: payung.‬

‪9. Ahmed Mohamed Shafiq Zaki, calon independen, simbol: tangga.‬

‪10. Hamdeen Sabahi, calon yang didukung oleh 42.000 pemilih, simbol: elang.

‪11. Abdullah Hasan Ali Asy’al, calon dari Partai Autentik, simbol: kapak.‬

‪12. Khalid Ali Omar Al-Mahlawi, kandidat yang didukung oleh 32 anggota DPR, simbol: pohon.

‪13. Mohamed Morsi Al-‘Ayat, calon dari Partai Kebebasan dan Keadilan, simbol: neraca / timbangan.

Sementara itu, hasil sementara penghitungan suara untuk pemilih di Luar Negeri menunjukkan bahwa kekuatan kroni rezim zhalim rontok karena hanya meraih dukungan 18%, ini membuktikan bahwa kekuatan mereka, baik di Dalam maupun di Luar Negeri rontok.

Saudi Arabia merupakan miniatur masyarakat Mesir di Dalam Negeri, karena jumlah warga negara yang di Saudi jumlahnya 276 ribu dan yang menggunakan hak suaranya 240 ribu (melebihi 50%) dan mereka dari latar belakang yang beragam; pendidikan, sosial dan ekonomi. Dan kandidat Dr. Mursi di Saudi meraih 49% suara.

Umat Islam di seluruh penjuru dunia, tidak hanya di Mesir saja mengharapkan pilpres kali ini berlangsung dengan bersih dan bebas tanpa ada kecurangan. Dan umat Islam mendoakan agar "Masyru'n Nahdhah" yang diusung Capres Dr. Mursi yang didukung segenap kekuatan rakyat Mesir meraih kemenangan.(WN)

Artikel Terkait



Tags: , ,

Jalan Panjang.web.id

Didedikasikan sebagai pelengkap direktori arsip perjuangan dakwah, silahkan kirim artikel maupun tulisan Tentang Dakwah ke jalanpanjangweb@gmail.com