Relawan Hidayat -Didik Canangkan 4 Juta Biopori dari Target 76 Juta Biopori untuk Atasi Banjir Jakarta



jalanpanjang.web.id - Cagub DKI Jakarta, HIdayat-Didik punya cara ampuh untuk mengatasi banjir di Jakarta. Salah satu upaya yang bisa ditempuh untuk mencegah banjir adalah dengan membuat biopori.

Menanggapi hal itu, cawagub Didik J Rachbini, mengatakan yang dibutuhkan dalam penanganan banjir di Jakarta adalah aksi nyata yang tidak sekadar retorika.

"Saat ini kita masih menjadi calon wakil gubernur, tapi kita sudah memiliki gagasan dan tindakan nyata untuk Jakarta. Semoga bila nanti terpillih, kita bisa benar-benar merealisasikan agenda ini dengan lebih baik lagi," ujar Didik ketika meresmikan program 'Gerakan 4 Juta Biopori' di RT 01 RW 02 Kelurahan Kedoya Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (10/6/2012).

Persoalan yang paling rumit yang dihadapi dalam mengatasi banjir adalah tidak tertanganinya sampah. Padahal, sampah adalah salah satu penyebab terjadinya banjir. Sementara, lanjut Didik, Pemprov DKI Jakarta memiliki anggaran untuk menangani sampah yang mencapai Rp 500 miliar.

"Tapi kenyataannya permasalahan sampah tak kunjung beres," tuturnya.

Untuk itu, relawan Hidayat-Didik mencanangkan program biopori. Dijelaskan oleh Syuhada, salah satu relawan, untuk membuat biopori sangat sederhana. Caranya adalah dengan membuat lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 1 meter menggunakan alat bor biopori.

Selanjutnya, setelah tergali lubang, bagian atas diberi paralon agar tidak tertutup kembali. Lubang yang ada dapat dijadikan tenpat pembuangan sampah organik. Dengan adanya hewan tanah, maka dengan sendirinya akan membentuk biopori yang juga dapat meningkatkan kesuburan tanah.

"Ada 4 juta biopori yang dicanangkan merupakan terobosan awal yang kemudian diharapkan dapat direalisasikan membuat 76 juta biopori guna membantu pengatasan masalah banjir dan sampah di Jakarta," jelasnya.

Program ini digagas oleh relawan Hidayat-Didik yang terdiri dari civitas akademika dan lapisan masyarakat biasa(inilah.com)

Artikel Terkait



Tags: ,

Jalan Panjang.web.id

Didedikasikan sebagai pelengkap direktori arsip perjuangan dakwah, silahkan kirim artikel maupun tulisan Tentang Dakwah ke jalanpanjangweb@gmail.com