Lowongan Pendamping Desa Peradaban Jawa Barat

Sebelumnya coba baca artikel ini :

Bandung(SI) – Pemprov Jabar mencanangkan program Desa Peradaban pada 2010 yang dimaksudkan untuk memajukan desa-desa tertinggal di Jabar, khususnya di daerah perbatasan provinsi.

Rencananya pada tahun pertama program tersebut digulirkan sebanyak 100 desa akan menjadi percontohan. Dalam program itu, satu kampung atau desa akan mendapatkan dana pembangunan sebesar Rp 1 miliar, sehingga total dana yang digelontorkan Pemprov Jabar mencapai Rp100 miliar. “Ada seleksi khususnya, tapi pembangunan desa ini adalah untuk memajukan masyarakat desa melalui pembangunan fisik dan mentalnya.
Seperti kita tahu, di Jabar masih banyak desa tertinggal, khususnya di daerah perbatasan antara Jabar-Jateng, Jabar-DKI Jakarta, dan Jabar-Banten,” kata Heryawan seusai memberikan pembekalan kepada mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Padjadjaran (Unpad) di GOR C-Tra, Jalan Cikutra, Kota Bandung, kemarin. Menurut dia, ada tujuh kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah desa atau kampung bisa dikategorikan ideal, yakni komunitas yang cukup, tersedianya sarana ibadah, sarana pendidikan, pasar rakyat, ruang terbuka, puskesmas dan balai pertemuan.“ Orang desa itu jika perlu sesuatu, pasti ke kota.

Nahini jangan kejadian lagi. Jika semua ada di desa,orang desa akan semakin cinta desanya.Untuk itulah kami memprogramkan ini,” papar Heryawan. Dana yang diberikan, kata dia, merupakan dana stimulus untuk pembangunan kampung peradaban atau desa tertinggal. Ke-100 desa yang akan dibangun tahun depan, yakni desa tertinggal yang berada di perbatasan terutama dengan Provinsi Jateng. “Banyak yang tidak teperhatikan oleh provinsi, misalnya desa di perbatasan Jabar- Jateng.

Oleh Jabar kurang diperhatikan, oleh Jateng pun tidak. Begitupun di perbatasan yang lain. Nah, desa-desa seperti itulah yang akan kami bangun, tapi dengan syarat tertentu,” bebernya. Dia berharap program ini bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi provinsi, khususnya perekonomian masyarakat desa, juga menekan angka laju urbanisasi. “Hal ini dapat memberdayakan umat yang selama ini belum diberikan kesempatan untuk berdaya.

Saya harap semua pihak dapat memanfaatkan program ini, jangan nantinya malah membuat reaksi berlebihan,”katanya. Selain itu, pemprov akan menggandeng sejumlah perguruan tinggi di Jabar untuk membahas program ini. Menurut Heryawan, perguruan tinggi akan dimintai analisisnya agar program ini berjalan sesuai fungsinya. “Kami akan bicara dengan berbagai perguruan tinggi, seperti Unpad, UPI, ITB dan lainnya. Kami juga sedang bersama-sama dengan pemerintah pusat yang juga mengadakan program pembangunan desa,” tutur Heryawan.

Sementara itu, Rektor Unpad Ganjar Kurnia menegaskan dukungannya terhadap program pembangunan desa tersebut. Hal itu diimplementasikan pada kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Unpad yang dilaksanakan selama satu bulan tersebut. Para mahasiswa tersebut akan disebarkan di 116 desa di 22 kecamatan di 7 kabupaten.

“Saya kira pada hakikatnya, semua perguruan tinggi akan mendukung program pemerintah yang bervisi untuk memajukan masyarakatnya. Dari KKN juga nantinya diharapkan akan menghasilkan peradaban desa,” ucapnya. (krisiandi sacawisastra)
Sumber: Harian Seputar Indonesia, Rabu 01 Juni 2009


Berikut lowongannya berdasarkan info dari milis :
Dibutuhkan 117 tenaga muda untuk posisi Pendamping Desa Peradaban Jawa Barat dengan Salary menarik.
Tanggung Jawab Utama

Melakukan kontrol dan evaluasi program Desa Peradaban

Kualifikasi:

1. Usia 30-40 tahun,
2.Lulusan min SMA,
3,Punya sim C,
4.Mampu mengaplikasikan komputer,
5.Aktif organisasi.

CV dan lamaran dikirim ke HRD PT. TIG via email hrcna@citraniagaabadi.co.id / via pos PT.TIG
Jl. Gatot Subroto No 71a Bandung paling lambat tanggal September 2010.
Cp. ( Tutik ) 082115370328 

detailnya :
Sesuai dengan
Visi Daerah Propinsi Jawa Barat yakni “ Tercapainya Masyarakat Jawa Barat yang
Mandiri, Dinamis dan Sejahtera”. Maka Pemerintah Propinsi Jawa Barat
menggulirkan Program 100 Desa Mandiri   dalam perwujudan Desa Peradaban di wilayah Jawa Barat.

Untuk itu kami
mengajak kepada tenaga muda yang memiliki semangat juang yang tinggi untuk
bergabung bersama kami dalam menyukseskan program tersebut. Posisi yang kami
tawarkan adalah:
PENDAMPING DESA PERADABAN.

Tanggung jawab utama :

Melakukan Evaluasi dan perbaikan perencanaan dan perancangan yang
rasional Melakukan Pendampingan Melakukan pengawasan terhadap penggunaan biaya, aspek volume pelaksanaan
pekerjaanaspek mutu pekerjaandan waktu pelaksanaan pekerjaan

Kualifikasi Jabatan

Usia  30 - 40 tahun Min Lulusan SMA Aktif dalam kegiatan organisasi masyarakat Disukai berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat Memahami komunikasi massa Memiliki kemampuan dalam memimpin tim Memiliki kendaraan bermotor dan SIM CMampu mengaplikasikan komputer MS Office

Syarat Administrasi

Surat Lamaran
& CV lamaranFotokopi KTP ( diutamakan KTP Jawa Barat )

Pendaftaran:

CV dan
surat lamaran ditujukan kepada HRD PT. Talenta Insan Gemilang paling lambat
diterima panitia seleksi tanggal 26 September 2010,

a.    
Via email ke hrcna@citraniagaabadi.co.id.
dengan subject email : Desa Peradaban .

b.    
Via pos ke PT.Talenta Insan Gemilang Jalan Gatot Subroto No 71A
Bandung

  semoga bermanfaat

Artikel Terkait



Tags:

Jalan Panjang.web.id

Didedikasikan sebagai pelengkap direktori arsip perjuangan dakwah, silahkan kirim artikel maupun tulisan Tentang Dakwah ke jalanpanjangweb@gmail.com