Alhamdulillah, KNRP dan beberapa delegasi LSM Indonesia Berhasil masuk Gaza

jalanpanjang.web.id - Alhamdulillah, dipimpin oleh DR. Muqoddam Khalil, rombongan KNRP yang terdiri dari konsorsium beberapa LSM antara lain KNRP, BSMI, PKPU, Wahdah, Komat Rumah Zakat Indonesia berhasil masuk Gaza hari ini, selasa (29/6). Konsorsium LSM Indonesia untuk Palestina ini bergabung dalam rombongan Kaukus Palestina dari DPR RI.


Rencananya, KNRP beserta rombongan LSM akan menyampaikan bantuan kemanusiaan dengan berkoordinasi dengan perwakilan RI dan lembaga kemanusiaan di Palestina dan Mesir. Di antara lembaga kemanusiaan yang dimaksud antara lain Bulan Sabit Merah Mesir, Bulan Sabit Merah Palestina, dan lainnya.
Salah satu LSM Indonesia yang ikut adalah PKPU Lembaga Kemanusaan Nasional Hari Senin dinihari (28/6/2010) pukul 00.40 WIB, 3 orang Tim Kemanusiaan PKPU bersama 22 anggota Komisi I DPR RI bertolak dari Bandara Soekarno Hatta menuju Gaza, Palestina, dengan menumpang Emirate Airlane. Rombongan tiba di Kairo Mesir pukul 18.00 waktu setempat.

Selanjutnya, Tim PKPU dan KNRP bersama rombongan anggota DPR RI berjumlah 28 orang yang dipimpin Ketua DPR Marzuki Alie tiba di perbatasan Rafah di Mesir, Selasa (29/6/2010) dan disambut Marsekal Al Masri dan Ketua Parlemen Palestina Ahmad Bahar.

Rombongan tiba di Gaza, Palestina, pukul 12.00 waktu setempat. Kunjungan delegasi dan tim kemanusiaan RI ini disambut ketua DPR Palestina di Gaza. Selanjutnya bertemu Parlemen Palestina, Perdana Menteri Ismail Haniya, dan peletakkan pertama pembangunan Rumah Sakit RI ‘Raudhah’ di Gaza Utara dilakukan.

Tim kemanusiaan PKPU terdiri dari Suryama M Sastra (Psikolog), dr Martanto (dokter umum) dan dr Agoes Koeshartono (spesialis penyakit dalam) yang juga pengurus pusat BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia).

Rencananya pada kesempatan misi kali ini PKPU menyerahkan langsung bantuan masyarakat Indonesia untuk rakyat Palestina berupa bahan pangan dan bantuan kesehatan. Untuk selanjutnya PKPU akan membantu beasiswa pendidikan dan sanitasi lingkungan untuk perbaikan serta peningkatan kualitas hidup.

Saat ini, tim kemanusiaan PKPU, KNRP, BSMI, Komat dan Wahdah Islamiyah sedang melakukan konsolidasi mengenai program bantuan lanjutan yang akan disampaikan pada rakyat Palestina setelah menyelesaikan misi diplomasi kemanusiaan bersama anggota Komisi I DPR RI di Gaza selama 6 (enam) jam.

Acara penyambutan Delegasi Parlemen Indonesia di kantor parlemen Palestina
Duta Besar RI untuk Mesir bersama ketua DPR RI dan aggota DPR RI Komisi I serta Tim Konsorsium Kemanusiaan dalam perjalanan menuju Rafah Mesir.
Acara penyambutan Delegasi DPR RI di Kantor Perdana Mentri Palestina, Ismail Haniya.
Sesi Foto Bersama setelah acara penyambutan. (Tampak Dra. Yoyoh Yusroh berfoto bersama PM Palestina Ismail Haniya dan wakil Ketua Parlemen Palestina, Dr. Ahmed Bahar)
Delegasi KNRP (Dr. Muqoddam Cholil), KOMAT, Wahdah Islamiyyah bersama Walikota Baitl Lahiyyah, Syekh Izuddin


Ucapan terima kasih diucapkan kepada Kemenlu RI yang telah membantu terlaksananya misi kemanusiaan yang dibawa LSM Indonesia ini. Tidak kalah pentingnya peran duta besar RI di Mesir, parlemen Gaza, parlemen Yordan, dan pihak lain. Kunjungan ini mengisyaratkan betapa keinginan Indonesia menyatukan Palestina dan negara-negara Arab untuk saling bahu membahu

Sumber : PKPU Online,
               KNRP or id

Artikel Terkait



Tags: , ,

Jalan Panjang.web.id

Didedikasikan sebagai pelengkap direktori arsip perjuangan dakwah, silahkan kirim artikel maupun tulisan Tentang Dakwah ke jalanpanjangweb@gmail.com