Inspirasi dari Bu Siti, Catatan Kecil Mukhoyyam Qur'an Nasional II




Indahnya hidup bersama Al Qur'an. Mungkin ini kata yang sangat cocok menggambarkan perjuangan seorang ibu yang berupaya menghafal Al Qur'an. Banyak anak dan bayi dalam gendongan tidak menjadi penghalang beliau mengikuti Mukhoyyam Al Qur'an selama 10 hari. semoga menginsipirasikaum ibu dan pelajaran berharga bagi kaum bapak.
berikut kisahnya :

"Ini kisah tentang bu Siti, ummahat (ibu) dengan 11 orang anak (7 orang hidup, 4 orang lagi sudah mendahuluinya).

Bu Siti adalah satu-satu peserta mukhoyyam Al-Qur’an yang bawa baby, alis Farikh (6 bulan). Ketika pembagian kelompok halaqoh mukhoyyam, saya kebagian sekelompok bersama beliau. Nah, saat perkenalan, saya langsung ber-hah?! (kaget maksudnya), ketika dengan senyum manisnya (plus entengnya) beliau mengatakan bahwa beliau adalah ibu dari 11 orang anak. wah, Subhanallah… (agak-agak gak percaya gitu awalnya, tapi setelah ngucek-ngucek mata, yaah saya emang gak lagi mimpi kok!  )


Bu Siti adalah satu dari sekian banyak orang unik yang Allah pertemukan pada saya.
Ketika dinner di satu malam, saya sempat makan hadap-hadapan dengan beliau. Karena bu Siti memang aslinya luwes, bawaannya anteng, ngobrol-pun jadi seru,
“Hmm, dari sebelas anak itu ada yang sesar buk?” Tanyaku
“Oh, ga ada Yoan, alhamdulillah. Semuanya lahir normal, bahkan 3 (atau 4,saya lupa) lahir sungsang.” Jawab bu Siti.
“Wah, beneran bu? ckck, hebat nya!” Aku takjub-e (pake qalqalah segala)
lanjuut..
“terus ni Farikh ASI EKskulsIf, buk?” tanyaku lagi, antusias (abis Skills lab Asuhan dasar Ibu ttg ASI soalnya)
“Alhamdulillah iya. yang terbaru 6 bulan kan? dulu yang lain cuma 4 bulan. si Farikh juga IMD (Inisiasi Menyusui Dini).”
“Wahh….” Takjub-e lagi (Lupa, pake aksi mata melotot gak ya kala itu?!  )
“Trus buk, ada rencana nambah lagi??” Serobotku
“Hm… tapi kata dokternya gak usia segini berisiko ya Yoan?” jawab bu Siti dengan pertanyaan.
“iya sih bu, tapi kan gak 100% berisiko, masih ada 20 ato berapa persen amannya.” Jawabku (Agak memperovokasi gituh)
Bu Siti: Hehehehe… (Ketawa kecil sambil senyum)
Dan banyak lagi obrolan-obrolan kami.


Luar biasa sekali nih ibuk, biar tak list-kan aja ya, asbab-asbab kekaguman saya:

1. Enam orang anaknya yang lain tingga di rumah sama Abi’y tanpa khodimat (pengasuh), dan yang paling keciiillll usianya adalah 1 tahun 3 bulan. Ya amplop, itu kan masihh imut2 banget! Tapi kata bu Siti, suami saya udah jago soal ngurusin anak, apalgi sekedar ganti2 popok, dia juga jago masak, malah anak2 lebih seneng masakan abi’y! wah wah…

2. Bu Siti tetep rutin ke masjid untuk sholat Tahajjud jama’ah selama mukhoyyam, di jam 12 malam, sambil bawa-bawa Farikh.. Farikh kadang bangun, kadang bobok.. kadang nangis, tapi lebih seringnya adem (emang ajaib ni bayi,jaraaang banget nangis!). Tapi setiap Farikh nangis, bu Siti ga pernah sekalipun saya liat pasang tampang ketat.

3. Bu Siti dititipin kamera digital dari daerah asalnya, untuk dokumentasi acara. Jadilah setiap dalam forum beliau moto-moto sambil gendong Farikh. ckck. di benak saya hanya satu pertanyaan, “Salahkah jika bu Siti nolak titipan itu jika dia beralasan bawa anak kecil??”, hmm saya rasa tidak. but She didn’t do that.

4. Oya, di dalam forum, bu Siti seringnya berdiri, biar Farikhnya tetep adem. Jadi ikkut dengar materi, sekali-kali nyatet materi, sambil jalan-jalan juga gendongin Farikh. Nah, kalo tepatnya Farikh bobo, Farikh dibentangin “Alas tidur mobile” nya di lantai dan dibaringin disana. Ngeliat baby mojok sendiri, di lantai pula, rasanyaa gimana gitu?! Tapi pas dibilang ke umi’y, umi’y jawab: Kalo diletakin di atas Meja, Farikhnya suka kebangun, deket banget sama AC-nya. ohh, begitu toh..

5. Nah kalo moment’y Bu Siti nyetor hapalan ke Teh Lana, si Farikh biasa dititipin sama salah seorang peserta, atau digendong langsung ma teteh. Unik deh, liat si Ibu komat kamit setor hapalan, sementara musyrifah (ustadzah)nya nyimak sambil nimang-nimang si bayi.

6. Bu Siti juga getol dan semangat banget interaksi dengan Al-Qur’annya. Sungguh pun begitu, setiap Farikh mulai nunjukin aksi minta dibelai (ngoek ngoek misalnya), bu Siti gak lantas ngotot sama interaksinya, tapi dengan sabar (plus senyumnya itu) beliau tarok sebentar mushaf-nya, beliau timang-timang dulu si Farikhnya, baru kemudian lanjut lagi..

7. Kadang ada kalanya Farikh lagi bobok, sementara itu jam-nya makan. Maka Bu siti sering bawa-bawa makanan dalam piring sambil gendong Farikh dari ruang makan ke mesjid ato ke kamar. seperti kemarin kami sempat nyapa, “BU siti, mau kemana??!” “Ini dede-nya bobo, jadi makanannya saya bawa aja.”

8. Nah, yang no.8 ini bukan agak beda dikit ceritanya. Saya belajar UKHUWAH dari para ummahat. Subhanallah ya, Ukhuwah ternyata tak lekang dimakan usia. Suatu ketika hujan turun di Depok, jadilah baju Farikh yang dicuci gak kering, kebetulan Farikh belum ganti baju nih dan si Ummi lagi ke kamar mandi. Farikh dititipin ke Bu Zizah, dengan inisiatif sendiri bu Zizah meminta seseorang membelikan baju tidur sepasang buat Farikh di toko terdekat (kebetulan mmg ada swalan di dekat sono). Ternyata baju datang duluan daripada bu Siti, maka digantilah baju Farikh oleh bu Zizah. nah, datang-datang dari kamar mandi, bu Siti kaget, “Loh, kok Farikh bajunya beda??!” Terus dengan anteng bu Zizah ngomong, “Iya, Farikh pake baju baru.” 

Hmm… Saya mah ngamatin dari jauh aja, tapi mata saya gak bisa lepas dari pemandangan indah itu. Agak terharu biru gimanaa gitu.. Karena Ukhuwah, anak saudara pun mungkin bener-bener berasaa anak sendiri. Bu Zizah juga sering banget menghilang di Mesjid bersama Farikh, ketika ditanyain bu Zizah dimana, bu Siti pun menjawab, “lagi gantian jagain FArikh di kamar.”

Saya juga sempat mergok-in lagsung, bu Zizah ngambil Farikh lagsung dri gendongan bu Siti, sambil berucap, “Udah, makan dulu sono!”

Hemm…
itu lah sedikit kisah inspiratif buat saya, sengaja dituliskan, mana tau ada yang keciprat inspirasi dari bu Siti. Maha Indah Allah yang mengajarkan hamba-hamba-Nya dengan cara yang Indah pula. Saya teringat dengan kisah kira-kira 3,5 thun lalu, saat saya baru kenal dengan istilah dakwah bil-hal (Dakwah lewat perbuatan), dan memang se-indah inilah dakwah bilhal tsb, lembut, kena, memukau… Mudah-mudahan Allah rahmati bu Siti dan munculkan “Bu Siti”2 berikutnya.. Aamiin…

Artikel Terkait



Tags: ,

Jalan Panjang.web.id

Didedikasikan sebagai pelengkap direktori arsip perjuangan dakwah, silahkan kirim artikel maupun tulisan Tentang Dakwah ke jalanpanjangweb@gmail.com