Road to Betumonga (pkpu rescue team) 2


Mentawai, 1 Nopember 2010

Pukul 09.30 setelah melakukan aksi Medis kpd para korban, tim memutuskan utk meneruskan perjalanan ke Betumonga utk melewati jalur darat. Dengan membawa obat-obatan yang di panggul menggunakan kantong mayat. Dibantu Agus asli penduduk Betumonga yang akan memandu perjalanan sampai ke tujuan.

Perjalanan yang Agus katakan 1 jam sebagai pemandu utk tiba di Betumonga, ternyata ditempuh dalam waktu 3 jam. Perjalanan yang kami bayangkan biasa saja, ternyata cukup luar biasa.
Perjalanan yang diluar dugaan dengan medan yang cukup berat. Tim menyusuri pantai, harus melewati rawa2 bakau,  perbukitan, masuk dan keluar hutan baru dapat tiba desa Betumonga.

Dengan membawa obat-obatan Tim dengan segala daya & upaya menjalani perjalanan melewati medan yang cukup berat. Tim harus melewati tepi pantai yang panas, rawa bakau yang banyak berduri, perbukitan yang licin dan hutan yang penuh semak belukar dan lumpur. Tak henti-hentinya Tim Rescue PKPU terpeleset di perbukitan, terjerambab di lumpur hingga kedalaman  80 cm, belum lagi dihantam desiran angin dan hujan.

James wartawan Xinhua News Agency sampai meneteskan air mata dgn sulitnya perjalanan ini. Dan hampir memutuskan utk kembali ke Sabeugunggung krn putus asa. Namun dengan memberi semangat & pengertian kepada James wartawan itu, tim akhirnya tetap membulatkan tekad utk tetap sampai di lokasi desa Betumonga.

Akhirnya usaha & tekad Tim Rescue PKPU Allah kabulkan juga, Tepat pukul 14.08 kami tiba di Desa Betumonga. Dan langsung  mandi di kali utk membersih kan pakaian yg kotor akibat lumpur yang banyak menempel di tubuh.

Tiba di Puskesdes (Pusat Kesehatan Desa) dusun Makailiggri desa. Betumonga yang menjadi posko Tim Rescue PKPU. Tanpa istirahat Tim medis langsung melayani pengobatan medis kepada para pengungsi sebanyak 62 pasien hingga menjelang magrib. Selesai  sholat pengobatan dilanjutkan hingga pkl.20.00 Wib.

Tujuan dari Tim ini utk dapat membantu korban musibah bencana gempa tsunami khususnya di desa Betumonga tercapai, dan Tim pun cukup bergembira karena Tim Rescue PKPU merupakan Tim Rescue yang pertama kali masuk di desa Betumonga. Letih & lelah pun hilang sudah, walupun Tim baru mendapat makan selesai aksi di malam hari.
( Laporan Kismo - Tim Rescue PKPU dari desa Betumonga, Pagai Utara Kep. Mentawai) 

Artikel Terkait



Tags:

Jalan Panjang.web.id

Didedikasikan sebagai pelengkap direktori arsip perjuangan dakwah, silahkan kirim artikel maupun tulisan Tentang Dakwah ke jalanpanjangweb@gmail.com